Kapan Saat yang Tepat Menerapkan SEO ?

23 Jan 20100 komentar

Pertanyaan yang sekaligus menjadi judul artikel ini sering saya terima dari pengunjung Balimedia.web.id. Kira-kira kapan saat yang tepat menerapkan teknik-teknik optimasi search engine. Apakah sebelum website itu dibuat, atau sesudahnya ? Sebenarnya jawaban yang tepat kembali pada kesiapan dari pengelola atau pemilik web yang bersangkutan. Memang sebaiknya langkah-langkah SEO (Search Engine Optimization) dipersiapkan sebelum sebuah website dibangun. Mulai dari pemilihan nama domain hingga keyword yang ditargetkan sebaiknya dirancang dari awal untuk memudahkan pengembangan konten atau isi website. Namun banyak web developer yang baru mengetahui teknik SEO setelah website mereka selesai dibangun dan sempat beroperasi sekian lama. Pada kasus seperti ini, SEO tetap bisa diterapkan dengan melakukan perubahan atau optimalisasi. Kendalanya adalah seberapa besar perubahan itu yang bisa dilakukan?

Contoh yang bisa diambil adalah pemilihan nama domain. Salah satu teknik SEO yang sampai saat ini masih berlaku adalah pemakaian nama domain yang terkait dengan keyword, akan berdampak positif terhadap keyword yang Anda targetkan di search engine. Contohnya jika website Anda menjual produk-produk furniture, maka pemakaian kata furniture pada domain akan sangat membantu. Jika hal ini sudah direncanakan sejak awal, maka Anda dengan tenang bisa memilih sebuah nama domain yang tepat, Balimedia.web.id misalnya. Namun apabila website Anda telah beroperasi dengan domain Balimedia.web.id, tentu saja tidak dapat dirubah begitu saja seperti me-rename nama file di windows explorer. Faktor nama domain memang bukan yang terpenting. Namun setidaknya Anda telah unggul satu poin apabila merencanakannya sejak awal.

Selanjutnya adalah pemilihan kata kunci atau keyword. Sebelum Anda mulai membuat teks untuk halaman-halaman web, Anda harus mengetahui keyword-keyword apa yang paling cocok untuk diperjuangkan di search engine. Kata kunci apa yang paling banyak dicari orang berkaitan dengan isi website Anda. Dalam hal ini Anda tidak disarankan untuk main tebak-menebak kata. Anda harus menggunakan cara profesional untuk memilih kata kunci tersebut. Tidak ada gunanya mendapat posisi puncak untuk keyword yang tidak pernah dicari orang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan WordTracker.com. Disitu Anda dapat mencari keyword-keyword apa saja banyak dicari orang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Keyword-keyword tersebut nantinya akan diurut berdasarkan score yang disebut Keyword Effectiveness Index (KEI). Keyword dengan nilai KEI 100, sudah cukup baik untuk dipakai. Semakin besar nilai KEI dari sebuah keyword, semakin populer juga keyword tersebut. Namun KEI biasanya berbanding lurus dengan jumlah pesaing. Anda harus memilih keyword dengan nilai KEI paling besar, namun dengan jumlah pesaing yang paling kecil. Pilihlah 3 atau 4 keyword yang Anda anggap paling tepat, dan mulailah membuat content teks berdasarkan keyword-keyword tersebut.

Perencanaan dari awal juga akan memudahkan Anda menerapkan teknik SEO pada desain web Anda. Desain yang terlalu banyak dijejali grafis, seperti image dan flash, tidak akan berdampak positif untuk meningkatkan rangking di search engine. Optimalisasi tag-tag HTML sangat perlu dilakukan untuk membangun halaman web yang search engine friendly.

Sumber : http://www.balimedia.web.id/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RezhaXite Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger