Setiap Mengganti Template, Widget Selalu hilang

19 Des 20090 komentar


Mungkin sahabat pembaca pernah mengalami hal yang telah disebutkan di judul posting ini. Sama donk. Hehehe... Saya juga mengalami hal ini. Ada teman saya yang baru saja 1,5 bulan buat blog namun dia mengeluh kepada saya kalau dia bosan dengan template yang standar disediakan Blogger. Dia mau mencari template yang keren agar kelihatan bagus. Setelah dia mendapatkan template yang cocok baginya dia langsung mengganti template-nya. Setelah diganti, dia mengeluh lagi kepada saya bahwa seluruh widget atau gadget di blognya hilang semuanya. Nah, untuk mengatasi hal ini, sebenarnya agak repot. Pasalnya, cara untuk widget-nya tidak hilang saat mengganti template sesungguhnya tidak ada. Agar tidak terjadi hal yang demikian, terpaksa kita harus kerjakan secara manual. Cara2-nya sebagai berikut :
> Pastikan Anda telah menyiapkan template baru untuk diganti, tetapi jangan diganti dahulu.
> Setelah Log In di Blogger, langsung ke Tata Letak namun jangan ke Edit HTML tapi ke Elemen Halaman.
> Setelah masuk ke Elemen Halaman, Anda harus membuka semua widget namun harus di halaman yang baru, entah di Tab baru atau Window yang baru. Itu terserah Anda yang sesuai dengan Software Browser Anda.
> Jangan ditutup semua widget yang telah dibuka ke halaman baru, karena ini akan disalin (copy). Biarkan terbuka semuanya.
> Kemudian, langsung ke Edit HTML untuk mengganti Template.
> Untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, centang Expand Template Widget kemudian klik Download Template Lengkap. Ini gunanya ber-jaga2 saja.
> Sekarang waktunya untuk ganti template baru. Silahkan katakan "Goodbye, my old template!" Hehehe... Bercanda doank. Silahkan langsung Browse untuk memilih template baru yang telah disediakan lalu unggah.
> Setelah unggah, akan ditampilkan untuk konfirmasi penghapusan widget di template lama. Lanjutkan dengan klik Konfirmasi & Simpan. Namun, Anda tetap harus pastikan bahwa widget yang masih terbuka di Window atau Tab baru masih ada dan belum hilang.
> Setelah konfirmasi, akan ditampilkan bahwa template baru telah terunggah dan sudah siap. Silahkan lihat blog Anda jika Anda mau melihatnya.
> Setelah itu, kembali ke Elemen Halaman, di situ akan ditampilkan letak2 widget yang sudah berbeda posisi dari sebelumnya. Nah, silahkan Anda langsung copy widget yang masih terbuka di Tab atau Window baru Anda ke Elemen Halaman tersebut dengan cara biasa, yaitu klik Tambah Gadget dan langsung di-copy kodenya.
> Setelah selesai dengan pemindahan widget, klik simpan dan lihat blog baru Anda.

Kedengarannya agak repot. Namun ini cara satu2-nya agar widget yang lama tetap ada waktu mengganti template baru. Insya Allah ini berguna untuk Anda sahabat pembaca. Yang mau komentar, silahkan komentar dan saya dengan senang hati menerima komentar dari Anda, bisa jadi itu Kritik, Saran, ataupun Pesan. Sesungguhnya, komentar dari Anda sangat membantu untuk membuat blog ini lebih maju. Terima Kasih.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RezhaXite Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger