Uang Anda Aman?

21 Jan 20100 komentar

Amankah uang Anda? Sebaiknya Anda periksa uang Anda. Sekarang ini, begitu maraknya pembobolan ATM. Oleh karena itu, hati-hatilah bertransaksi via ATM. Para pelaku pembobolan ATM menggunakan alat khusus yang bernama Skimmer. Alat ini merupakan alat perekam kartu ATM kita. Alatnya tidak bisa dilihat dari luar, karena alat tersebut ada di dalam mesin ATM. Alat ini berupa alat yang menyerupai alat yang menjadi tempat masuk keluar ATM kita. Skimmer ini merekam transaksi kita yang telah masuk ke Mesin ATM dengan Kartu ATM kita. Untungnya, alat ini tidak mendeteksi PIN kita, namun pelaku tidak menyerah. Mereka memasang Spy Cam (kamera mata2) untuk melihat kita sedang mengisi PIN ATM kita. Kamera ini bisa dipasang di mana saja. Di atap dinding, di kotak brosur, bahkan di atas keypad Mesin ATM. Nah, berhati-hatilah jika Anda sering bertransaksi via ATM. Tidak perlu heran uang Anda raib begitu saja karena modus pembobolan termasuk baru ini. Kalau saya pribadi selama ini tidak pernah terjadi hal ini. Namun, saya pernah mengalami kartu ATM saya tertelan di mesin ATM, saya langsung menghubungi Call Center. Untung saja Call Center yang saya hubungi asli. Pihak bank mengatakan segera ke bank cabang saat rekening pertama kali dibuka. Alhamdulillah kartu ATM saya diganti yang baru, meskipun kartu lama saya harus diblokir agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan. Agar tidak terjadi hal2 sepeti di atas, saya akan memberika tips dari saya pribadi yang Insya Allah berguna untuk Anda :
> Jika Anda ingin mengambil uang, silahkan ke ATM. Namun, saya anjurkan untuk ke ATM hanya ingin menarik uang. Jika Anda telah melakukan transaksi di ATM, gantilah PIN.
> Untuk melakukan transaksi lain seperti Transfer, pembayaran kartu kredit, dll. sebaiknya langsung ke Banknya agar terkontrol dan saldo Anda bisa sering terpantau.
> Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, hubungilah Call Center yang ada di mesin ATM tersebut. Tapi hati-hatilah, Call Center yang Anda lihat di mesin ATM itu belum tentu yang asli. Jika Anda meraguka hal ini, silahkan langsung ke bank dan konsultasikan keluhan Anda.
> Sama seperti dengan langkah pertama, yaitu ganti PIN. Ganti PIN Anda secara berkala, tergantung Anda berapa waktu sekali Anda mengganti PIN yang menurut Anda aman.
> Perhatikan mesin ATM sekitar Anda. Lihat di sekitar jika ada Spy Cam. Jika Ada namun tidak terlihat meskipun tidak tahu, dianjurkan untuk menutupi keypad (tombol) untuk mengetik PIN dengan apa saja, bisa dengan tangan yang satunya, kertas, dompet, dll. yang pasti tidak bisa terlihat oleh orang lain termasuk Spy Cam.
> Perhatikan tempat masuk keluar kartu ATM kita. Jika ada semacam plastik atau selotip, hati-hati. Bisa saja itu adalah alat perekam yang berupa chip untuk merekam kartu ATM kita. Jika Anda temukan hal tersebut, sebaiknya Anda beralih ke mesin ATM yang menurut Anda aman.
Itulah beberapa tips dari saya pribadi Insya Allah berguna untuk Anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RezhaXite Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger