Besarnya Gunung Bromo

7 Des 20090 komentar


Gunung Bromo (dari bahasa sansekerta/Jawa kuno : Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu) merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal dengan sebagai objek wisata di Jawa Timur. Sebagai salah satu buah objek wisata, gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kab. Malang. Bentuk dari gunung ini bertaut antara lembah & ngarai dengan lautan pasir seluas 10 km persegi.
Gunung bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 m (utara-selatan) dan kurang lebih 600 m (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari2 4 km dari surat kawah gunung Bromo.
Bagi penduduk Bromo, Suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kali gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari, setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RezhaXite Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger